Tentang ALUDI

Juli 2020 adalah bulan dimana Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) mulai didirikan. Kami selaku segenap pengurus, pengawas dan para penyelenggara layanan urun dana melalui penawaran saham berbasis teknologi informasi telah sepakat untuk membangun, memperkuat dan menjaga ekosistem industri layanan urun dana yang saat ini sedang berkembang di Indonesia dengan memberikan advokasi, informasi, konsultasi dan menjalankan fungsi pengawasan terhadap ekosistem industri layanan urun dana di Indonesia.

Setelah melalui proses yang dinamis, akhirnya pada tanggal 11 November 2020 ALUDI mendapat pengakuan menjadi asosiasi penyelenggara oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pengawasan Pasar Modal, hal ini dituangkan dalam Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-60/D.04/2020 Tentang Pengakuan Terhadap Perkumpulan Sebagai Asosiasi Penyelenggara Layanna Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi.
Card image cap





 

Visi ALUDI ALUDI ALUDI

Menjadi Ekosistem Industri Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Terdepan yang mendorong terciptanya Kesejahteraan Masyarakat dan Pengembangan Ekonomi Indonesia melalui Teknologi Informasi

MISI ALUDI ALUDI ALUDI

1. Pertumbuhan UMKM & Startup

Mendorong pertumbuhan UMKM & Startup di Indonesia dan kesejahteraan sosial secara lebih pesat dengan penerapan teknologi

2 Literasi

Meningkatkan Literasi dan Inklusi keuangan masyarakat dengan semangat Gotong Royong

3. Kepercayaan

Menjaga dan Meningkatkan Minat & Kepercayaan masyarakat terhadap industri keuangan nasional

4. Talent Gap

Menjembatani Talent Gap yang ada di perekonomian Indonesia khususnya di sektor industri keuangan

Anggota ALUDI

Salah satu syarat bagi calon penyelenggara Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi yang ingin mendapatkan izin sebagai penyelenggara berizin resmi dari OJK, maka keanggotaan ALUDI menjadi salah satu syarat pemenuhan proses tersebut. Berikut adalah dokumen yang wajib disiapkan dan diserahkan kepada ALUDI.

1. Salinan dokumen Akta Pendirian Perusahaan dan Akta Perubahan terakhir (jika ada)
2. Salinan dokumen pengesahan SK KEMENKUMHAM
3. Salinan dokumen NPWP Perusahaan Penyelenggara
4. Menandatangani surat pernyataan tunduk dan patuh serta akan mengikuti segala ketentuan yang berlaku di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan ALUDI (dicetak dengan KOP Surat Perusahaan dan dibubuhkan Cap Stempel beserta Materai Rp 10.000)
5. Dokumen Profil Perusahaan (berisikan Bisnis Model Usaha)
6. Membayar iuran keanggotaan sebesar Rp 20.000.000,- (Dua puluh juta rupiah) untuk masa berlaku satu tahun

Daftar

Card image cap





Sudah Punya Akun? Log In

Layanan Aduan Masyarakat

Identitas pelapor akan dijaga kerahasianya oleh aludi, dan hanya akan digunakan oleh pihak yang berkepentingan


Partner Partner Partner